Holla guys kali ini kita bakalan berbagi ilmu mengenai Microsoft Excel. Yup buat teman yang bersekolah di sekolah kejuruan Akuntansi dan Kawan-kawannya (Perbankan, Administrasi, dll) pasti sudah gak asing lagi sama software satu ini. Baik untuk Rumus Spreadsheet, Rekap data, Rekap Nilai, Semua bisa menggunakan Microsoft Excel ini.
Bier gak memperpanjang waktu yok langsung simak Kumpulan Rumus Excel 2017 :
1. Rumus “SUM”
Rumus ini digunakan untuk menjumlah cell yang di
blok.
seperti yang bisa kawan-kawan lihat di gambar kalau mau menjumlahkan beberapa angka kita dapat memasukkan rumus yaitu =SUM( *Cell yang mau dijumlahkan*). Dari gambar bisa dilihat setelah kita memasukkan rumus =SUM kita harus memblok Cell yang mau kita jumlahkan untuk memperoleh nilai dari keseluruhan Cell tadi.
2. Rumus
“Average”
Rumus ini digunakan
untuk membuat rata-rata dari sejumlah cell yang diblok tetapi cell nya harus
memiliki angka.
Rumus "Average" itu digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari Cell yang diblok. Jadi misalnya mau mencari nilai rata-rata kita cukup mengetikkan =Average( *Cell yang ingn di cari rata-ratanya*)
3.Rumus
“Min”
Rumus ini digunakan
untuk mencari angka terendah dari sebuah cell yang memiliki angka yang telah
diblok.
Sesuai dengan nama rumusnya, Rumus "MIN" berfungsi sebagai alat bantu kita untuk mencari angkat terkecil dari beberapa Cell. Sama seperti Rumus "Average" kita harus memblok Cell yang ingin kita cari rumus Min.
4.Rumus
“Max”
Rumus ini digunakan untuk mencari angka
terbesar dari sebuah cell yang memiliki angka yang telah diblok.
Rumus ini Sebenarnya sama aja kayak rumus "Min'' bedanya rumus ini berfungsi mencari Nilai Tertinggi dari sejumlah Cell.
5. Rumus
Perkalian,Pembagian,Pengurangan,dan Penambahan
Untuk
penambahan,pengurangan,perkalian,dan pembagian bisa menggunakan simbol sesuai
keinginan.
Contoh diatas jika kita mau mencari berapa harga dicount 10% kita bisa mengkali-kan Cell yang mau dikali dengan 10% seperti contoh diatas. Untuk penjumlahan kita bisa menggunakan simbol "+", untuk pengurangan menggunakan "-", Perkalian "*" dan Pembagian "/".
6.Rumus
“IF”
Fungsinya adalah
untuk membuat seandainya jika seandainya itu benar maka akan menghasilkan yang kita inginkan,jika salah maka menghasilkan yang tidak kita inginkan.
Lihat contoh diatas, terdapat keterangan bahwa "Jika usia lebih dari 16 atau sama maka dewasa jika tidak maka anak-anak." dari keterangan dapat di buat rumus "IF" seandainya umur Merlin lebih atau sama dengan 16 maka Merlin Dewasa jika tidak maka Merlin anak-anak. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa rumus "IF" digunakan untuk mencari jawaban dari seandainya tadi.
Saat kita menulis rumus "IF" akan muncul logical_test ini berarti apa yang dijadikan data untuk diandaikan, Dalam gambar diatas logical_test-nya adalah umur Merlin, Kemudian kamu akan mendapati Value if true Dan Value if False. Value if true Digunakan untuk menulis pernyataan jika data nya benar, Value if False digunakan untuk menulis pernyataan jika data-nya salah.
7. Rumus
“IF OR”
Fungsinya sama untuk
membuat seandainya dari suatu sheet tetapi ini dapat digunakan untuk banyak
logical test.jika salah satu logical memenuhi sarat maka akan benar semua.
sama seperti rumus "IF" rumus "IF OR" memiliki fungsi yang sama seperti rumus "IF" yaitu memberikan pernyataan jika Benar ataupun salah. bedanya dengan rumus "IF" rumus ini memiliki banyak Logical_Test. Jika Rumus "IF" Logical_Test-nya cuman 1, Rumus "IF OR" Logical_Test-nya bisa lebih dari 1. Jika salah satu dari Logical_Test-nya benar maka jawabannya akan menghasilakan data yang benar pula walaupun ada 1 Logical_Test-nya yang salah.
8.Rumus
“IF AND”
Rumus ini sama
seperti rumus IF OR tetapi rumus ini seluruh criteria harus benar jika tidak
maka akan menghasilkan value false
Sama seperti rumus "IF OR" rumus "IF AND" juga memiliki Logical_Test lebih dari 1. Bedanya terletak pada Logical_Test-nya. Jika salah satu Logical_Test-nya salah maka akan menghasilkan pernyataan yang salah pula walaupun salah satu Logical_Test-nya benar.
9.Rumus
“CountIF”
Rumus ini digunakan untuk menghitung jumlah kriteria yang ada didaerah range.Rumus ini menurut saya tidak beda jauh dari rumus SUM IF karna sama-sama menghitung jumlah kriteria dari daerah range tetapi di rumus SUM IF jumlah kriteria tadi ditambahkan dengan daerah sumrange.
Rumus ini digunakan untuk menghitung jumlah kriteria yang ada didaerah range.Rumus ini menurut saya tidak beda jauh dari rumus SUM IF karna sama-sama menghitung jumlah kriteria dari daerah range tetapi di rumus SUM IF jumlah kriteria tadi ditambahkan dengan daerah sumrange.
Dari contoh diatas kalau kita mau ngitung berapa banyak kode "aa" kita bisa menggunakan rumus "CountIF". Jika kita menuliskan rumus =CountIF( maka akan muncul tulisan Range yaitu daerah mana yang ingin kita cari kriteria-nya, yang kedua akan muncul Criteria yaitu data apa yang mau kita hitung. Dalam gambar diatas bisa kita lihat kriterianya adalah tabel disamping dan kriterianya adalah "aa" berarti rumus ini untuk menghitung semua tulisan "aa" ditabel sampingnya.
10.Rumus
“SUM IF”
Rumus ini digunakan untuk
menjumlahkan angka yang memenuhi kriteria di daerah range dan daerah sumrange
daerah range itu daerah yang memiliki kode untuk kriteria dan daerah sumrange
itu daerah angka dari range tadi.
sama seperti rumus "CountIF" rumus "SumIF" merupakan gabungan dari rumus "CountIF" dan "SUM". Jadi intinya rumus ini untuk menghitung nilai dari kriteria yang memiliki angka. Bisa dilihat dari gambar diatas jika kita mau menghitung total buah buahan kode "aa" maka kita bisa memasukkan rumus "SumIF" didalamnya.
Oke guys segini dulu ya tentang Kumpulan Rumus Excel 2017 semoga bermanfaat untuk teman-teman semua see yaa in the next article
2 comments
Click here for commentsnice artikel gan, lumayan nih jadi tau rumus rumus excel lagi :D
Replynice info bisa di jadiin refrensi kalo ada tugas tentang akutansi
ReplyConversionConversion EmoticonEmoticon