Yow Whats’up sobat Akundankawan, gimana kabarnya? Gimana
kerjanya? Gimana sekolahnya? Hehe kepo amat sih penulis. Oke kali ini penulis
lagi ada mood buat bikin artikel mengenai Myob. Nah buat kalian yang berada
dijurusan Akuntansi pasti udah gak asing lagi dengan kata Myob.
Myob sudah seperti pacar sendiri, bisa membuat mood hari
kamu berubah drastic dan gak karuan kayak orang lagi jatuh cinta hehe.
Nah kata orang tak kenal maka tak sayang maka bagaimana kamu
bisa sayang myob kalau kamu sendiri gak kenal dengan myob yakan? Nah buat yang
belum tau MYOB atau Mind Your Own Business adalah software buatan Negara Australia
yang dapat digunakan untuk keperluan bisnis seperti pajak, pencatatan akuntansi
dan banyak lagi.
Baca Juga Accurate Softwarenya Anak Akuntansi
Nah dari sekian banyak fungsi dari MYOB itu sendiri kali ini
Akundankawan akan membagikan cara membuat data Awal Perusahaan dengan program
MYOB. Berikut artikelnya…
1. Setelah kamu membuka Program MYOB maka akan muncul
tampilan seperti dibawah ini, untuk membuat data perusahaan baru di Myob kamu
tinggal klik tulisan “CREATE”
2. Selanjutnya kamu akan mendapatkan tampilan selamat datang
dari Software Myob itu sendiri, untuk melanjutkan membuat data Perusahaan Baru
silahkan kamu klik tombol “NEXT”
3. Nah selanjutnya kamu harus mengisi data mengenai
perusahaan kamu, jadi penulis bakal menjelaskan satu persatu kolom yang harus
diisi.
a. dibagian “serial number” kamu harus mengisi nomor serial
pembelian software MYOB karna software ini tidak gratis tapi kamu bisa
menggunakannya dengan versi trial selama 30 hari kosongkan saja jika kamu ingin
menggunakan versi trial.
b. “Company Name” diisi dengan nama perusahaan kamu
c. “Company Number” diisi dengan nomor perusahaan kamu
d. “Sales tax no” cukup diisi dengan no pajak
e. “Addres” adalah alamat perusahaan kamu
f. “Phone number, Fax Number” diisi dengan nomor telepon perusahaan dan nomor fax perusahaan.
g. terkahir “email” diisi dengan email perusahaan kamu
b. “Company Name” diisi dengan nama perusahaan kamu
c. “Company Number” diisi dengan nomor perusahaan kamu
d. “Sales tax no” cukup diisi dengan no pajak
e. “Addres” adalah alamat perusahaan kamu
f. “Phone number, Fax Number” diisi dengan nomor telepon perusahaan dan nomor fax perusahaan.
g. terkahir “email” diisi dengan email perusahaan kamu
4. Setelah kamu
mengklik tombol “NEXT” kamu akan ditanyakan tahun periode akuntansi
perusahaanmu.
a. kolom pertama diisi dengan tahun perusahaanmu berjalan
jika tahun 2019 perusahaanmu beroperasi sekarang maka tulis 2019.
b. kolom kedua diisi dengan bulan terakhir periode akuntansi perusahaanmu. Setiap perusahaan memiliki kebijakan berbeda beda, nah silahkan isi sesuai data perusahaanmu.
c. kolom ketiga digunakan untuk mengisi kapan kamu mulai menginput data transaksi keprogram MYOB nah isi sesuai kapan kamu akan menginputnya.
d. Terakhir isi dengan jumlah bulan periode akuntansi perusahaanmu.
b. kolom kedua diisi dengan bulan terakhir periode akuntansi perusahaanmu. Setiap perusahaan memiliki kebijakan berbeda beda, nah silahkan isi sesuai data perusahaanmu.
c. kolom ketiga digunakan untuk mengisi kapan kamu mulai menginput data transaksi keprogram MYOB nah isi sesuai kapan kamu akan menginputnya.
d. Terakhir isi dengan jumlah bulan periode akuntansi perusahaanmu.
5. Selanjutnya kamu akan diberi pemberitahuan mengenai data
yang telah kamu isi sebelumnya, kamu diminta untuk mengecek ulang kembali disini,
nah setelah kamu merasa telah memasukkan data yang benar silahkan klik tombol “NEXT”
untuk lanjut atau tombol “BACK” untuk membenarkan apabila ada terjadi kesalahan.
6. Nah dibagian selanjutnya kamu akan ditanya mengenai Nama
Akun untuk data Akuntansi nantinya.
a. Pilihan pertama jika kamu ingin menggunakan data akun
sesuai yang telah disediakan oleh Aplikasi MYOB.
b. Option kedua adalah jika kamu ingin mengimport data akun, nah untuk cara menginport akan dibahas di artikel selanjutnya.
c. Pilihan terakhir untuk kamu yang ingin membuat sendiri nama akun untuk perusahaan kamu, nah silahkan pilih mana yang ingin kamu gunakan.
b. Option kedua adalah jika kamu ingin mengimport data akun, nah untuk cara menginport akan dibahas di artikel selanjutnya.
c. Pilihan terakhir untuk kamu yang ingin membuat sendiri nama akun untuk perusahaan kamu, nah silahkan pilih mana yang ingin kamu gunakan.
7. Setelah klik tombol “NEXT” maka kamu akan ditanya dimana
akan disimpan data perusahaan kamu nah saya sarankan agar kamu menyimpannya
dalam file tersendiri agar mudah mencarinya. Kemudian klik tombol “NEXT” untuk
menyelesaikan pembuatan perusahaan menggunakan MYOB.
8. Nah selanjutnya kamu akan diberikan ucapan selamat karna
telah berhasil membuat data awal perusahaan kamu, silahkan klik “Command Centre”
untuk melanjutkan memasukkan transaksi atau “Setup Assistant” untuk melanjutkan
mengatur.
Nah selesai, bagaimana? Sulitkah? Penulis rasa tidak, jika
kamu mengikuti tutorial cara membuat data awal perusahaan dari penulis tahap
demi tahap maka akan mudah membuatnya. Itu saja artikel mengenai cara membuat
data awal perusahaan di MYOB. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan kekolom
komentar admin akan menjawab secepat yang admin bisa.
See you..
ConversionConversion EmoticonEmoticon